Dibuat pada:6 Apr 2023 05:11Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Rem Motor Mengunci (Sebab dan Cara Menanganinya)


Rem Motor Mengunci (Sebab & Cara Menanganinya)

Berbagai Masalah Rem Motor

Jika mendapati rem motor yang tidak berfungsi atau malah mengunci saat digunakan untuk berkendara di jalanan, segera pelankan atau cari area aman untuk terhindar dari risiko kecelakaan. Oleh sebab itu rem merupakan komponen vital yang harus berfungsi baik pada motor. Beberapa kasus yang menyangkut pada masalah rem motor yaitu masalah rem yang blong, rem yang berdecit, rem motor yang terlalu dalam, rem yang keras, hingga rem motor mengunci. Dengan banyaknya masalah terkait rem motor, maka sangat penting untuk merawat rem motor dengan baik dan memastikan berfungsi optimal.



Penyebab Rem Motor Mengunci

Pada masalah rem motor mengunci, terdapat beberapa penyebab yang dapat menimbulkan masalah ini timbul. Namun penyebab utamanya adalah rusaknya seal debu pada bagian as bracket kaliper yang menyebabkan karat, sehingga rem motor mengunci. Selain dari penyebab ini, terdapat penyebab lain yang menimbulkan rem motor mengunci, yaitu:


  • Masalah pada master rem atas yang sudah rusak karena usia atau kebocoran minyak rem akibat seal master rem yang rusak
  • Minyak rem yang sudah kotor
  • Kotornya bagian kaliper dan piringan cakram
  • Kotornya bagian dalam tromol rem


Cara Menangani dan Perbaikannya

Untuk menjaga keamanan berkendara dengan baik, maka melakukan pencegahan, penanganan, dan perbaikan pada rem motor tidak boleh terlewatkan. Untuk memperbaiki rem motor mengunci dapat dilakukan dengan beberapa cara dengan mengikuti faktor penyebabnya:


  • Mengganti as bracket kaliper, jika as tersebut sudah berkarat
  • Mengganti kaliper, jika kaliper mendapati benturan yang sebabkan kerusakan (penyok)
  • Mengganti bracket kaliper, jika bracket tersebut mengalami benturan dan kerusakan
  • Mengganti kampas rem, jika kampas rem memang sudah habis
  • Menguras dan mengganti minyak rem, jika minyak rem keruh kotor
  • Mengganti master rem atas jika berjamur, karatan, dan kerusakan yang disebabkan seal master rem yang bocor dari minyak rem


Cek Komponen Rem Saat 50.000 km atau Usia 1 Tahun

Seperti layaknya komponen pendukung motor lainnya, rem juga memerlukan service yang perlu dilakukan secara berkala dengan rutin. Saat motor menginjak 50.000 km atau motor sudah menginjak satu tahun, maka sudah saatnya untuk mengecek dan melakukan service pada komponen rem motor. Pengecekan dapat dimulai dari fungsi dan kondisi master rem atas, kaliper, kampas rem, tromol, as bracket kaliper, piringan cakram, hingga minyak rem.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI