Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Motor Tidak Bisa Distarter Walau Komponen Kelistrikan Aman



Mengapa Motor Tidak Bisa Distarter

Motor diharuskan untuk mendapatkan service dan perawatan rutin selama 2 bulan sekali, jika motor tersebut sebagai daily use (dipakai setiap hari). Perawatan yang paling ringan adalah penggantian oli mesin dan pembersihan jalur injeksi dengan injector cleaner.

Namun bagian kelistrikan seringkali tidak terhiraukan untuk dilakukan pengecekan berkala. Hal ini dikarenakan kelistrikan tidak memiliki dampak yang terlalu terlihat jika belum terdapat salah satu komponen yang rusak.

Masalah yang bakal mengingatkan mengenai adanya masalah kelistrikan adalah ketika motor tidak bisa distarter secara tiba-tiba. Jika peristiwa ini terjadi, maka hampir 90% disebabkan oleh bagian komponen kelistrikan yang rusak. Bisa saja aki, sekring (fuse), kiprok, switch starter, lampu-lampu yang konslet, dan sebagainya. Namun bagaimana jika tidak disebabkan oleh semua hal tentang komponen kelistrikan ini? 


Bisa Berasal dari Kabel yang Tertekuk

Jika mendapati motor yang tidak bisa distarter, maka pengecekan komponen seluruh bagian kelistrikan perlu dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu dipastikan dahulu bahwa seluruh komponen kelistrikan aman:

  • Ada tidaknya tegangan aki
  • Kiprok berfungsi/tidak untuk pengisian
  • Ada/tidak sekring yang putus
  • Ada/tidak spul yang gosong/terbakar
  • Ada/tidak lampu motor yang hampir putus
  • Ada/tidak konsleting dari klaks
  • Switch starter masih berfungsi/tidak

Jika hasil dari pengecekan seluruh komponen kelistrikan ini menunjukkan hal yang positif (tidak adakerusakan), maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengurutkan kabel-kabel yang memfungsikan aliran listrik berjalan.

Karena dari kabel yang tertekuk atau terjepit dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter, walau seluruh kelistrikan aman. Hal ini biasanya menyebabkan sekring putus terus ketika kunci kontak diputar ke-ON. Oleh sebab itu mesin motor bakal tidak bisa dinyalakan.


Mengapa Kabel Tertekuk Bisa Jadi Penyebab

Secara logis, kabel adalah komponen lain yang menjadi pengalir dari aliran listrik. Maka dari itu jika kabel mendapati hambatan dalam pengaliran listrik dapat menyebabkan konsleting, sekring yang putus, tidak bisa menjalankan starter, hingga kebakaran.

Eks Kepala Bengkel Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi mengungkapkan hal yang sama. "Motor tidak bisa distarter miliki banyak sebab, pertama pastikan kelistrikan berfungsi. Namun jika terdapat sekring yang putus ketika kunci kontak ON, maka langsung cek bagian kabel-kabel dan lampu-lampu. Karna bisa antara kabel yang putus, terjepit, tertekuk, atau ada lampu/klakson yang tidak standar sebabkan konslet. Dan dari masalah ini harus segera ditangani dan dicek total, karna masalah kelistrikan itu bisa sampai sebabkan kebakaran." ujarnya.

DP Honda BeAT 800 Ribu

*Syarat & ketentuan berlaku

Klaim via WhatsApp

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI