Motor Tidak Bisa Distarter Walau Komponen Kelistrikan Aman
Mengapa Motor Tidak Bisa Distarter
Motor diharuskan untuk mendapatkan service dan perawatan rutin selama 2 bulan sekali, jika motor tersebut sebagai daily use (dipakai setiap hari). Perawatan yang paling ringan adalah penggantian oli mesin dan pembersihan jalur injeksi dengan injector cleaner.
Namun bagian kelistrikan seringkali tidak terhiraukan untuk dilakukan pengecekan berkala. Hal ini dikarenakan kelistrikan tidak memiliki dampak yang terlalu terlihat jika belum terdapat salah satu komponen yang rusak.
Masalah yang bakal mengingatkan mengenai adanya masalah kelistrikan adalah ketika motor tidak bisa distarter secara tiba-tiba. Jika peristiwa ini terjadi, maka hampir 90% disebabkan oleh bagian komponen kelistrikan yang rusak. Bisa saja aki, sekring (fuse), kiprok, switch starter, lampu-lampu yang konslet, dan sebagainya. Namun bagaimana jika tidak disebabkan oleh semua hal tentang komponen kelistrikan ini?
Jika mendapati motor yang tidak bisa distarter, maka pengecekan komponen seluruh bagian kelistrikan perlu dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu dipastikan dahulu bahwa seluruh komponen kelistrikan aman:
Ada tidaknya tegangan aki
Kiprok berfungsi/tidak untuk pengisian
Ada/tidak sekring yang putus
Ada/tidak spul yang gosong/terbakar
Ada/tidak lampu motor yang hampir putus
Ada/tidak konsleting dari klaks
Switch starter masih berfungsi/tidak
Jika hasil dari pengecekan seluruh komponen kelistrikan ini menunjukkan hal yang positif (tidak adakerusakan), maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengurutkan kabel-kabel yang memfungsikan aliran listrik berjalan.
Karena dari kabel yang tertekuk atau terjepit dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter, walau seluruh kelistrikan aman. Hal ini biasanya menyebabkan sekring putus terus ketika kunci kontak diputar ke-ON. Oleh sebab itu mesin motor bakal tidak bisa dinyalakan.
Secara logis, kabel adalah komponen lain yang menjadi pengalir dari aliran listrik. Maka dari itu jika kabel mendapati hambatan dalam pengaliran listrik dapat menyebabkan konsleting, sekring yang putus, tidak bisa menjalankan starter, hingga kebakaran.
Eks Kepala Bengkel Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi mengungkapkan hal yang sama. "Motor tidak bisa distarter miliki banyak sebab, pertama pastikan kelistrikan berfungsi. Namun jika terdapat sekring yang putus ketika kunci kontak ON, maka langsung cek bagian kabel-kabel dan lampu-lampu. Karna bisa antara kabel yang putus, terjepit, tertekuk, atau ada lampu/klakson yang tidak standar sebabkan konslet. Dan dari masalah ini harus segera ditangani dan dicek total, karna masalah kelistrikan itu bisa sampai sebabkan kebakaran." ujarnya.