Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Motor Listrik Honda Miliki Banyak Keunggulan dan Harga Mulai 25 Juta




Motor Listrik Honda Direncanakan Rilis Semester Kedua 2023

Setelah melewati berbagai inovasi dari tahun ke tahun, Honda juga mempersiapkan motor listrik untuk dipasarkan kepada publik. Alasan dari dibuatnya motor listrik ini adalah, dalam rangka menyiapkan transportasi bebas emisi karbon pada tahun 2050. Honda sendiri telah menyiapkan beberapa produk motor listriknya yang sudah coba di-highlight livery dan keunggulannya lewat acara IMOS 2022. Bahkan Honda juga telah merilis PCX Electric pada tahun 2022 untuk dicoba oleh berbagai kalangan publik dan instansi.

Kini lewat acara IIMS 2023 pada bulan Febuari lalu, Honda memperkenalkan EM1-e yang bakal menjadi produk motor listrik Honda pertama yang dijual kepada publik. Namun Honda masih belum merilis tanggal resmi, kapan Honda EM1-e bakal dirilis. Semester kedua atau sekitar bulan Juli-September tahun 2023 menjadi bulan yang bakal dijadikan perilisan motor Honda EM1-e.  Secara bentuk yang terlihat, futuristic looks melekat pada Honda EM1-e untuk memberikan livery kesan modern yang lebih kuat. 



Keunggulan Motor Listrik Honda Muncul dari Banyak Lini

Seperti pada ungkapan di awal, bakal banyak ditemukan keunggulan motor Honda listrik melalui berbagai sisi. Tidak hanya dari fitur keunggulan motor listrik Honda seperti top speed yang mencapai 53 km/jam dan jarak tempuh baterai hingga 65 km, motor listrik Honda juga memiliki keunggulan dari segi perhitungan pajak yang masih bebas bayar hingga Januari 2025.

Sesuai yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (UU HKPD) tersebut dikatakan jika motor listrik menjadi salah satu kendaraan berbasis energi terbarukan.

Dasar dari aturan ini berasal dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Pada pasal 7 ayat 3, peraturan ini mengungkapkan jika motor listrik masih dikategorikan sebagai kendaraan berbasis energi terbarukan yang membuat bebas pajak

Namun pada pasal 10 ayat 1 dan 2 mengungkapkan jika motor listrik akan dikenakan PKB dan BBNKB sebesar maksimal 10% dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB masing-masing mulai Januari 2025 mendatang.

Dari sini dapat diambil kesimpulan jika keunggulan motor listrik Honda berada pada fitur mesin, nol emisi, biaya service yang terjangkau, dan pajak yang masih bebas. Selain itu, masih ada lagi keunggulan dari sisi Pemerintah yang memberikan subsidi pembelian motor listrik pada masyarakat.



Harga yang Terjangkau Mulai 25 Juta Untuk Motor Listrik Honda

Setelah mengetahui jika sisi keunggulan dari motor Honda listrik sangat beragam, harga yang bakal ditawarkan juga terhitung masih ringan dan terjangkau. Honda EM1-e sebagai motor listrik Honda disinyalir tidak dihargai dengan harga yang tidak tinggi. 

Honda U-GO yang telah dirilis di China memiliki harga 44 juta jika ditafsir ke mata uang Indonesia. Honda U-GO ini memiliki kemiripan dengan Honda EM1-e, namun tidak identik. Lalu lewat rilisan Young Machine (Publisher Asal Jepang), Honda EM1-e juga akan segera dirilis pada waktu dekat bersama dengan PCX Electric di Jepang menyusul telah dikenalkannya kepada publik.

Sedangkan Honda EM1-e sebagai motor listrik Honda yang bakal dirilis di Indonesia bakal dihargai sekitar 25-32 juta, yang sudah termasuk pajak, baterai, dan pengisi daya sesuai ungkapan Thomas WIjaya selaku Direktur Pemasaran AHM. Jika melihat dari harga, rasanya Honda EM1-e akan memiliki harga after-sales (bekas) yang cukup kuat. Oleh sebab itu harga ini masih termasuk terjangkau jika dilihat proyeksinya ke depan dengan nilai after-sales yang kuat dan biaya maintenance yang jauh lebih hemat ketimbang motor berbahan bakar petrol.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI