Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Motor Kapcai Honda CT125 2023 (Asal, Pengertian, Kelebihan)


Motor Kapcai Honda CT125 2023 (Asal, Pengertian, Kelebihan)


Asal dan Pengertian Motor Kapcai

Motor kapcai adalah sebutan yang digunakan orang melayu (Malaysia) dan beberapa daerah di negara asia tenggara untuk menyebut motor cub/motor bebek dengan kapasitas CC yang rendah di bawah 150 CC. Sebutan motor kapcai digunakan di Indonesia untuk menyebut motor-motor bebek yang dirilis Honda pada awalan tahun 1970, ketika munculnya Honda C-Series seperti C70 dan C50 (Pispot). Karena motor bebek memiliki pasar dan peminat yang tinggi di Indonesia pada tahun 90an, membuat sebutan motor kapcai juga makin populer di Indonesia.



Motor Kapcai Tahun 2023, Honda CT125

Honda CT125 2023 merupakan motor bebek atau motor kapcai yang dikeluarkan Honda untuk memberikan kebutuhan akan tipe motor bebek yang dipersonalisasi untuk digunakan pada medan jalanan yang sulit. Model dari Honda CT125 ini, mengingatkan pada sebutan motor kapcai yang memiliki khas one-seater dan seat belakang yang berfungsi sebagai rear-carrier seperti yang ada pada motor C50 (Pispot). Motor CT125 2023 memiliki spesifikasi dirt-bike dengan kapasitas 125 CC dan body yang compact. Untuk kelas dirt-bike 125 CC, CT125 merupakan motor yang sudah mumpuni untuk difungsikan menjelejahi berbagai medan jalan yang sulit. Berbeda dengan motor kapcai yang kini, Honda C50 (pendahulu motor kapcai) lebih optimal untuk difungsikan pada jalanan yang rata atau road-bike.



Kelebihan Fitur CT125 2023

Pada motor kapcai yang kini yaitu CT125 2023, memiliki berbagai kelebihan dari fitur dan spesifikasinya untuk menjadi dirt-bike pilihan. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan pada motor kapcai Honda CT125 2023:


  • Fitur ABS (Anti-lock Braking System), yang berfungsi untuk mencegah terjadinya rem yang terkunci dan menyebabkan slip ketika melakukan pengereman mendadak.
  • Rear Disc Brake, fitur pengereman belakang yang menggunakan piringan cakram untuk memberikan pengereman yang lebih maksimal dan sigap untuk mendukung keamanan berkendara.
  • 5,3L Fuel Tank, kapasitas tangka bahan bakar yang cukup besar hingga 5 liter lebih memberikan keamanan lebih ketika sedang berkendara jauh.
  • All LED Lighting System, memberikan penerangan yang maksimal dan fungsi indikator yang baik pada pengendara lain.
  • Full Panel Digital Meter, untuk memberikan informasi yang lengkap secara interaktif pada pengemudi.
  • Large Rear Carrier, berfungsi untuk membawa barang-barang pada seat belakang dengan lebih luas dan lebar.


Mengenai Spesifikasi Honda CT125 2023

Menggunakan mesin berkapasitas 124,89 CC, Honda CT125 2023 menggunakan mesin 4 Strokes, SOHC (Single Cylinder) dan Air Cooled System yang memberikan fungsi pendingin mesin. Ditambah dengan torsi maksimum sebesar 11 Nm/4.500 rpm dan daya maksimum sebesar 6,5 Kw/7.000 rpm membuktikan motor ini dapat berlari dan bearkeselarasi dengan bertenaga. Penggunaan PGM-FI pada sistem suplai bahan bakar membuat motor lebih irit pada konsumsi bahan bakar. Untuk rangka motor menggunakan steel (besi) dengan tipe backbone yang memiliki bobot 120 kg. Dengan bobot yang tergolong berat, mengindikasikan jika rangka dari CT125 2023 dibuat kuat dan compact yang menjadi nilai kelebihan lebih sebagai dirt-bike.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI