Cari Parts yang 100% Ori?
Kunjungi eCommerce KlikNSS
Ditulis: Rendy Baskhara
Divalidasi: Bachrul Hanafi (Eks Head AHASS NSS Slipi)
Motor memiliki bagian yang berfungsi untuk memompa bahan bakar untuk mengalirkannya pada bagian ruang pembakaran. Sebelum dilakukan pengaliran pada fuel pump, bahan bakar akan melewati filter fuel pump yang berfungsi untuk melakukan penyaringan terhadap berbagai kotoran yang tercampur pada bahan bakar di tangki motor.
Dari hubungan antara filter fuel pump dengan fuel pump tersebut saling terkorelasi, karena fuel pump diharuskan untuk mengalirkan bahan bakar yang sudah steril kepada injektor. Di dalam dari fuel pump ini terdapat rotak yang berfungsi untuk mendorong bahan bakar serta komponen kelistrikan yang mengatur fungsi ampere bensin dan ECU/ECM.
Sebagaimana fungsi dari fuel pump yaitu mengalirkan bahan bakar menuju ruang bakar, maka jika komponen dari fuel pump mengalami kerusakan akan berakibat pada aliran yang tidak lancar bahan bakar menuju mesin. Pada umumnya fuel pump terdiri atas rotak, filter fuel pump, ampere bensin, dan area kelistrikan. Jika terjadi masalah pada bagian fuel pump, gejala yang akan timbul pada motor adalah rasa brebet mesin dihidupkan.
Namun untuk mengetahui pasti adanya kerusakan pada fuel pump adalah mengeceknya secara langsung, karena timbulnya brebet juga belum tentu diakibatkan dari rusaknya fuel pump. Jika membahas mengenai penyebab kerusakan adalah berasal dari kilometer yang sudah tinggi (50.000 KM) dan sudah banyaknya kotoran pada filter fuel pump yang menyebabkan mampet dan fuel pump ikut menjadi rusak.
Pada jarak tempuh 50.000 KM, umumnya fuel pump harus dilakukan service atau penggantian. Terutama pada bagian filter fuel pump, yang berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari berbagai kotoran yang tercampur pada bahan bakar.
Sebagai rekomendasi, mengganti fuel pump assy (secara keseluruhan) lebih baik daripada melakukan penggantian pada bagian salah satu komponen yang membentuk fuel pump (contoh, kerusakan pada rotak lalu mengganti rotak saja). Hal ini dikarenakan perbedaan seri tipe akan berpengaruh pada fungsi, performa, dan keawetan dari fuel pump tersebut.
Selain hal ini, mengganti fuel pump assy dengan yang asli adalah rekomendasi yang tepat, hal ini dikarenakan part yang asli akan lebih pas dan mudah ketika dipasang, secara fungsi dan keawetan juga mendapat jaminan.
Melakukan service rutin, bagian fuel pump perlu dilakukan pengecekan berkala secara fungsinya. Meski pada umumnya, fuel pump akan memunculkan gejala kerusakan pada jangka jarak 50.000 KM. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, maka sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan selalu saat melakukan service perawatan rutin. Untuk itu, menjaga dan melakukan pengecekan secara menyeluruh sangat penting untuk dilakukan oleh pemilik kendaraan.
KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts
Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS