Cari Parts yang 100% Ori?
Kunjungi eCommerce KlikNSS
Ditulis: Tim Penulis KlikNSS
Divalidasi: Bachrul Hanafi (Eks Head AHASS NSS Slipi)
Setiap sepeda motor matic menggunakan dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan, kedua oli tersebut harus rutin dilakukan penggantian secara rutin untuk tetap menjaga performa dan kenyamanan motor saat digunakan.
Oli gardan atau disebut juga oli transmisi berfungsi sebagai pelumas transmisi pada petunjuk servis motor honda beat penggantian oli gardan disarankan setiap 2000 sampai 4000 km harus melakukan penggantian oli gardan.
Jika kamu ingin mengganti oli gardan sendiri caranya cukup mudah untuk dilakukan berikut tahapannya.
Sebelum memulai penggantian oli gardan siapkan peralatan seperti kunci ukuran 12 mm, bisa shock, kunci T, atau kunci ring, untuk membuka baut pengisian dan pengurasan. Selain itu siapkan juga tempat penampungan oli gardan bekas dan oli gardan baru.
Baca juga: Oli Federal Vs AHM Lebih Baik Mana Untuk Motor Honda
Tempat untuk penggantian oli gardan berbeda dengan tempat oli mesin. Tepatnya berada pada bagian CVT matic motor. Jika melihat lebih detail, terdapat beberapa baut yang memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk mengganti oli gardan, terdapat dua baut di bagian belakang yang berfungsi sebagai pembuka jalur untuk pengurasan dan pembuka jalur untuk pengisian.
Baut pengisi (biru) untuk pengisian oli gardan baru dan baut penguras (merah) berfungsi untuk membuang oli bekas yang sudah kotor.
Selengkapnya: Oli Rembes dari CVT, Apa yang Rusak dan Harus Diperbaiki
Sebelum melakukan pengurasan, ada baiknya jika Anda mempersiapkan latar yang datar dan mempersiapkan tempat sebagai wadah sisa oli gardan yang ada di dalam CVT. Berikut adalah urutan cara untuk menguras oli gardan:
KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts
Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS